Rumah fitur Perjalanan kemanusiaan: lokakarya foto yang memberi kembali

Perjalanan kemanusiaan: lokakarya foto yang memberi kembali

Daftar Isi:

Video: KELUARGA PALESTINA TERKEJUT Membuka Paket dari INDONESIA (Oktober 2024)

Anonim

Perjalanan pertama saya dengan The Giving Lens (TGL) adalah ke Maroko pada 2016. Saya belum pernah mendengar tentang organisasi itu sebelumnya dan belum pernah berada di bengkel fotografi perjalanan ketika pemberitahuan untuk perjalanan muncul di umpan Facebook saya, dan saya segera tahu saya ingin pergi. Saya telah mengunjungi Maroko utara pada tahun 2014, setelah menemukan bahwa keturunan ayah saya yang langsung adalah Amazigh (Berber). Saya telah berpikir untuk kembali sendirian untuk mengunjungi Maroko selatan (Marrakech dan Sahara), di mana sebagian besar orang yang saya temui dapat saya perhitungkan sebagai saudara sepupu jauh - dan itulah tepatnya rencana perjalanan yang ditawarkan TGL. Tambahkan ke bimbingan profesional dan kesempatan untuk bepergian dengan fotografer yang keranjingan dan untuk melayani masyarakat, dan saya sangat senang menerima lamaran saya.

The Giving Lens menambahkan dimensi kemanusiaan pada lokakarya fotografi perjalanan yang dijalankannya. Dengan bekerja sama dengan organisasi nirlaba lokal (organisasi non-pemerintah, atau LSM), The Giving Lens menawarkan para peserta kesempatan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat yang dilayani oleh LSM (umumnya yang rentan atau terpinggirkan), sebagian besar melalui mengajar anak-anak muda dasar-dasar fotografi dan membimbing mereka di jalan-jalan foto. Saya telah melakukan perjalanan Memberikan Lensa masing-masing selama tiga tahun terakhir - pertama ke Maroko, lalu ke India, lalu ke Jordan. Masing-masing merupakan kombinasi yang luar biasa dari perjalanan ke tempat-tempat khusus, belajar dari para pemimpin kita dan peserta lain, dan menjalin hubungan pribadi yang kuat dengan komunitas yang telah bekerja sama dengan kami.

Setiap lokakarya TGL dipimpin oleh dua fotografer profesional. Perjalanan terbuka untuk orang-orang dari semua tingkat pengalaman. Calon peserta harus mengisi aplikasi terperinci dan diwawancarai untuk memastikan bahwa mereka cocok. Sebelum setiap perjalanan, peserta membeli kamera sederhana untuk LSM dan kliennya, baik melalui sumbangan atau pembelian. Lokakarya umumnya berbiaya lebih rendah daripada lokakarya foto yang dipimpin secara profesional standar, dan antara 30 dan 60 persen dari keuntungan TGL dari setiap perjalanan disumbangkan ke mitra LSM. Lensa Pemberian itu sendiri telah menerapkan status nirlaba 501 (c) (3).

Didirikan pada tahun 2011 oleh fotografer perjalanan dan kemanusiaan Colby Brown, TGL menjalankan enam atau lebih lokakarya setahun untuk tujuan-tujuan lama termasuk Kamboja, Kuba, Tanzania, dan Peru serta yang baru seperti Guatemala, Mongolia, dan Uganda. Ketiga perjalanan yang telah saya lalui telah memiliki dua co-leader yang sama, Michael Bonocore dan Daniel Nahabedian, tetapi sekitar selusin fotografer secara teratur atau kadang-kadang co-lead workshop TGL.

Maroko

Kami menghabiskan dua hari pertama di Marrakech menghadiri pengenalan budaya, kuliner, dan linguistik setengah hari ke Maroko; menghabiskan waktu dengan mitra LSM kami, El Fenn Maroc; dan menjelajahi kota dengan fotografer lokal. Hari ketiga, kami berkendara ke kota Ait Ourir dan bertemu para siswa muda kami di sebuah pusat komunitas. Kami pergi bersama mereka dalam perburuan pemulung foto, bertujuan untuk mendapatkan bidikan semua item dalam daftar, seperti "sesuatu yang kuning" dan "ayam jantan." Kami naik taksi yang ditarik kuda ke souk mingguan kota itu, pasar terbuka tempat Anda bisa membeli apa saja dari buku mewarnai hingga ternak. Anak-anak secara alami mengambil fotografi dan membutuhkan sedikit bimbingan, datang kepada saya hanya ketika ada masalah seperti baterai habis.

Pada hari kedua kami bersama anak-anak, kami memotret jembatan reyot dan mengunjungi dua desa Berber. Kemudian anak-anak menyanyikan lagu perpisahan untuk kami, dan kami berpisah. Selama lima hari berikutnya, kami berkendara ke Sahara dan kembali, menghabiskan malam yang luar biasa - setelah menerjang badai pasir - di bukit pasir Erg Chebbi di kemah tenda yang dikelola oleh mitra perjalanan kami, Open Doors Morocco. Kami juga bekerja dengan LSM lain di klub musik Gnawa untuk mengambil foto promosi dan video band rumah mereka sebelum kembali ke Marrakech.

India

Untuk perjalanan TGL berikutnya, tim kami bertemu di Jodhpur, di mana kami tinggal di wisma yang dikelola oleh Sambhali Trust, sebuah LSM yang membantu Dalit (tidak tersentuh) perempuan, dan anak-anak melalui pendidikan, pelatihan kerja, dan layanan sosial. Di Pusat Fatima Sambhali Trust, kami bertemu para siswa kami, 15 wanita muda Muslim yang mengenakan sari merah muda. Setelah perkenalan, kami menyerahkan masing-masing wanita kamera dan memberikan tutorial singkat. Mereka kemudian memimpin kami melalui lingkungan mereka, dan banyak dari mereka mengundang kami ke rumah mereka untuk bertemu keluarga mereka.

Kami menghabiskan dua hari berikutnya dengan mereka menjelajahi Kota Biru Jodhpur - tempat hampir semua bangunan dicat warna biru - dan area pasar kota. Kami juga mengunjungi dua sekolah Sambhali Trust lainnya, menghabiskan waktu bersama siswa mereka dan mendokumentasikan pekerjaan LSM. Kami sendirian, kami mengunjungi kuil dan istana, menghabiskan malam di sebuah desa, dan berakhir di kota Jaipur, mengunjungi tempat perlindungan gajah pada hari terakhir kami. Tetapi tiga hari yang kami habiskan bersama para wanita dari Fatima Center adalah titik puncak perjalanan saya.

Jordan

Dalam perjalanan TGL di Yordania November lalu, kami mengunjungi beberapa tujuan luar biasa, menghabiskan dua malam di tenda kemah Badui di gurun Rum Wadi, menjelajahi kota kuno Petra yang megah, mengambang di Laut Mati, dan melihat reruntuhan Romawi di Jerash juga ibukota Yordania, Amman. Namun, inti dari perjalanan ini adalah bekerja dengan Proyek Amal ou Salam (Project Hope and Peace), sebuah LSM yang mengelola sekolah untuk anak-anak Suriah yang terlantar akibat perang. Kami menghabiskan banyak dari dua berhari-hari dengan anak-anak ini, berfoto jalan di dekat sekolah dan berpuncak dengan piknik di taman lereng bukit.

Lokakarya tidak berjalan semulus dua perjalanan TGL saya yang lain. Kami memiliki sedikit persiapan untuk waktu kami bersama anak-anak dan waktu yang kurang dari yang saya harapkan. Hambatan bahasa dan kamera balky menyebabkan kesalahpahaman antara saya dan Hamad, seorang bocah lelaki yang saya bimbing. Perjalanan kami naik dan turun bukit curam, dan saya menemukan mereka melelahkan. Ketika tiba saatnya untuk pergi, saya merasa saya tidak terhubung dengan anak-anak seperti orang lain. Tetapi saya juga menyadari bahwa mereka tampaknya menikmati waktu mereka bersama kami dan mendapatkan banyak hal darinya, dan itulah yang sebenarnya penting.

• Butuh Bantuan Dengan Daftar Perjalanan Anda? Coba VR Butuh Bantuan Dengan Daftar Perjalanan Anda? Coba VR
  • Kamera Terbaik untuk Perjalanan Kamera Terbaik untuk Perjalanan
  • Kamera yang Tepat untuk Setiap Liburan Kamera yang Tepat untuk Setiap Liburan

Sebelum kami berpisah, Hamad menggunakan kamera saya untuk mengambil foto saya. Ketika saya mempelajarinya nanti, saya heran. Meskipun tatapanku kuat, wajahku lembut. Saya terlihat santai dan terbuka, dan sekitar 10 tahun lebih muda dari saya. Terlepas dari ketidaknyamanan saya, jelas bahwa pekerjaan ini setuju dengan saya.

Saya memiliki dua realisasi kunci tentang pengalaman TGL saya. Pertama, pekerjaan ini dapat benar-benar membuka satu secara emosional, yang bisa menakutkan tetapi pada akhirnya merupakan hal yang sangat baik. Saya pulang dengan perspektif baru dan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang benar-benar penting dalam hidup saya. Yang kedua adalah bahwa melayani anak-anak dan LSM adalah yang terpenting, terlepas dari apa pun yang mungkin kita lakukan dalam perjalanan. Meskipun beberapa dari anak-anak ini cenderung menjadikan fotografi sebagai mata pencaharian mereka, kami mengajarkan mereka keterampilan yang dapat terbukti bermanfaat bagi mereka dan komunitas mereka. Dengan menempatkan kamera di tangan orang-orang muda ini, kami memberdayakan mereka dengan alat untuk merekam pengalaman mereka sendiri dan menceritakan kisah mereka sendiri, daripada membiarkan orang luar, betapapun berniat baik, berbicara untuk mereka atau mendefinisikannya.

Saya menantikan perjalanan TGL berikutnya, di mana pun dan kapan pun.